Profil

Teaching Factory Polteknik ATI Makassar

Profil

Teaching factory sebagai jembatan antara dunia Pendidikan dengan dunia Industri

Teaching Factory Politeknik ATI Makassar adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana di industri, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan politeknik. Teknologi pembelajaran yang inovatif dan praktek produksi merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen pengelolaan mahasiswa dalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri.

Program Teaching Factory Politeknik ATI Makassar merupakan perpaduan pembelajaran yang sudah ada, yaitu Competency Based Training (CBT) dan Production Based Training (PBT).

Dalam pengertiannya bahwa suatu proses keahlian atau keterampilan dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan pasar/konsumen.

Dalam pengertian sederhana Teaching Factory adalah pembelajaran berorientasi pada bisnis dan produksi. Proses penerapan program Teaching Factory adalah dengan mamadukan konsep bisnis dan pendidikan kejuruan pada politeknik sesuai dengan kompetensi keahlian yang relevan.

Paket Keahlian TEFA

Paket Keahlian Teknik Manufaktur Industri Agro

(PK-TMIA)

Paket Keahlian Otomasi Sistem Permesin
(PK-OSP)

 

Paket Keahlian Teknik Industri Agro

(PK-TIA)

Paket Keahlian Teknik Kimia Mineral

(PK-TKM)

VISI

“Menjadikan Teaching factory sebagai sarana pembelajaran berbasis industri yang unggul dalam mewujutkan Politeknik ATI Makassar sebagai Perguruan Tinggi berstandar industri di bidang teknologi manufaktur di Kawasan Timur Indonesia yang diakui secara nasional dan global di tahun 2025”

MISI

Membangun presepsi yang sama didalam menerapkan prinsip – prinsip teaching factory dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi di Politeknik ATI Makassar dalam bidang manufaktur untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan standar industri.

Menciptakan atmosfir industri di dalam lingkungan kampus Politeknik ATI Makassar melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berstandar industri.

Menerapkan kurukulum yang berbasis pada produk baik yang berupa barang maupun jasa yang sesuai dengan standar industri dalam setiap model pembelajaran.

Membangun laboratorium standarnisasi produk didalam menetapkan standar dan menjaga kualitas poduk yang dihasilkan pada setiap proses pembelajaran.

Meyelenggarakan kerjasama kemitraan yang kuat dengan dunia industri dan dunia usaha melalui pola interaksi yang intens didalam membangun atmosfir industri di dalam lingkungan Politeknik ATI Makassar.